Sejarah Anggur

Saat banyak orang mengira bahwa wine adalah tren kuliner belaka, sebenarnya sejarah wine ditarik panjang ke belakang. Penggalian Arkeologis menemukan kultivasi anggur telah dimulai sejak 6000 – 5000 tahun sebelum Masehi. Bahkan di Alkitab pun, kata ‘wine’ ada di kitab Kejadian. kutipan @ yohan handoyo dlm di kultwit web decanter.com

menurut sumber yg dipercaya dikatakan bahwa :

Dimulai dengan Nuh dan Perjanjian Lama, pada hingga Mesopotamia kuno dan Mesir, periode Yunani-Romawi, (dengan factoids pada botol anggur tertua di dunia) dan melintasi Atlantik ke New vintners Dunia,

Menurut Enclopedia & Wikipedia dikatakan bahwa :

Sejarah anggur rentang ribuan tahun dan erat terkait dengan sejarah pertanian, peradaban masakan, dan kemanusiaan itu sendiri. Bukti Arkeologi menunjukkan bahwa produksi anggur paling awal dikenal terjadi di Georgia sekitar 8.000 SM, dengan situs terkenal lainnya di Iran dan Armenia tertanggal 7.000 SM dan SM 6000, masing-masing  Bukti arkeologi menjadi lebih jelas dan poin untuk domestikasi gosip di situs Awal Zaman Perunggu di Timur Dekat, Sumeria dan Mesir dari sekitar milenium ketiga SM.

Bukti dari produksi Anggur paling awal di Balkan telah ditemukan di situs arkeologi di Makedonia, tanggal sampai 6.500 tahun yang lalu . Situs-situs yang sama juga mengandung sisa-sisa bukti di dunia awal anggur dihancurkan. Di Mesir , anggur menjadi bagian dari sejarah yang tercatat, memainkan peran penting dalam kehidupan upacara kuno. Jejak anggur liar yang berasal dari milenium kedua SM dan pertama juga telah ditemukan di Cina.

Anggur, terikat dalam mitos untuk Dionysus / Bacchus, adalah umum di Yunani kuno dan Roma,  dan banyak besar anggur-daerah penghasil Eropa Barat hari ini telah didirikan dengan perkebunan Funisia dan kemudian Romawi. Anggur teknologi pembuatan , seperti pers anggur, membaik pada masa Kekaisaran Romawi; varietas anggur dan teknik budidaya banyak dikenal dan barel dikembangkan untuk menyimpan dan pengiriman anggur .

Di Eropa abad pertengahan, menyusul jatuhnya Roma dan industri skala anggur produksi untuk di-ekspor, Gereja Kristen menjadi pendukung setia anggur yang diperlukan untuk perayaan Misa Katolik Sedangkan anggur dilarang dalam budaya Islam abad pertengahan, penggunaannya dalam Kristen persembahan anggur kpd dewa secara luas ditoleransi dan Geber dan Ahli kimia Muslim lainnya dirintis distilasi untuk tujuan pengobatan dan industri Islam seperti parfum, Anggur produksi secara bertahap meningkat dan konsumsi yang menjadi populer dari abad ke-15 dan seterusnya, hidup kutu Phylloxera menghancurkan 1870-an dan. akhirnya penetapan daerah berkembang di seluruh dunia.

Apakah anggota kerajaan hewan tipplers pertama planet anggur?

Ahli biologi telah mencatat bahwa burung dan primata selalu alami tertarik dengan bau etanol yang dihasilkan oleh buah difermentasi ( anggur)

LAGENDA PENEMUAN :

Rekening Alkitab memberitahu Nuh dan anak-anaknya memproduksi anggur di dasar Gunung Ararat. Satu kisah melibatkan raja Persia legendaris, Jamshid dan haremnya. Menurut legenda, raja dibuang salah satu haremnya wanita dari kerajaannya, menyebabkan dia menjadi putus asa dan ingin bunuh diri. Pergi ke gudang raja, gadis itu mencari botol bertanda “racun” yang berisi sisa-sisa anggur yang manja dan dianggap bisa diminum. Tanpa diketahui padanya, “pembusukan” sebenarnya adalah hasil fermentasi yang disebabkan oleh kerusakan buah anggur oleh ragi menjadi alkohol. Setelah minum racun yang disebut, para gadis harem menemukan efek untuk menjadi menyenangkan dan semangatnya terangkat. Dia mengambil penemuannya kepada Raja yang menjadi begitu terpikat dengan minuman baru “anggur” bahwa ia tidak hanya menerima gadis itu kembali ke haremnya, tetapi juga mendekritkan bahwa semua anggur tumbuh di Persepolis akan dikhususkan untuk Anggur. Sementara sejarawan anggur paling melihat cerita ini sebagai legenda murni, ada bukti arkeologis bahwa anggur dikenal dan ekstensif diperdagangkan oleh raja-raja Persia awal.

WORD OLDEST BOTTLE OF WINE

Digali selama penggalian untuk membangun rumah di kebun anggur dekat kota Speyer, Jerman, itu di dalam salah satu dari dua batu sarcophaguses Romawi yang digali. Botol tanggal dari sekitar 325 AD dan ditemukan pada tahun 1867.

Para Amphora kaca kehijauan-kuning telah menangani terbentuk dalam bentuk lumba-lumba. Salah satu dari beberapa botol ditemukan, adalah satu-satunya dengan isi masih dilestarikan.

Cairan kuno telah banyak sedimen berlumpur. Sekitar dua-pertiga dari isinya campuran, tebal kabur. Ini sangat mungkin minyak zaitun, yang Romawi umum digunakan untuk “mengambang” di atas anggur untuk menjaga dari oksidasi. Penutupan Cork, meskipun diketahui ada pada waktu itu, cukup jarang. Minyak metode mereka pelestarian rupanya cukup efektif untuk menjaga anggur dari penguapan sampai modern.

Botol adalah pada tampilan permanen, bersama dengan barang antik anggur lainnya, di Historisches Museum der Pfalz (Sejarah Museum Pfalz), patut dikunjungi jika bepergian dekat daerah Speyer, Jerman http://www.museum.speyer.de/

Baca juga Artikel mengenai The World’s Oldest Wine Jar di link berikut ini :http://www.nicks.com.au/Index.aspx?link_id=76.1222

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s